Minggu, 23 Juni 2013

Tugas Akhir Teknologi Informasi

Pelayanan Pustakawan Terhadap User

ABSTRAK


Perpustakaan itu adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk di gunakan pembaca. pustakawan dituntut harus mempunyai sikap seperti itu terhadap user, karena pustakawan itu dituntut untuk harus bisa memberikan pelayanan yang sesuai atau yang di inginkan, sehingga user tersebut merasa puas dan nyaman dan juga agar perpustakaan itu tetap dijadikan sebagai sumber untuk memperoleh atau mencari informasi yang masyarakat butuhkan.



BAB I
PENDAHULUAN


1.1   Latar Belakang

Perpustakaan itu adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk di gunakan pembaca, bukan untuk dijual. Perpustakaan yang ada dan berkembang ini telah dipergunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian budaya bangsa dan juga memberikan layanan jasa lainnya. Yang dimaksud dengan jasa lainnya itu sendiri adalah jasa dimana pustakawan memberikan jasa pelayanan kepada pemustaka atau bisa disebut user. Di dalam jasa pelayanan ini juga akan mempengaruhi nilai citra perpustakaan karena di dalam pelayanan perpustakaan ini nanti pustakawan akan langsung dipertemukan dengan usernya sehingga apabila pelayanan pustakawan terhadap usernya kurang begitu baik atau memuaskan maka user tersebut akan langsung berfikir bahwa pelayanan di perpustakaan tersebut buruk. Dan itu juga akan berdampak buruk terhadap anggapan masyarakat tentang perpustakaan. Maka dari itu saya mengambil judul “pelayanan pustakawan terhadap user” saya mengambil judul itu karena saya dulu pernah mengalaminya sewaktu saya berada di perpustakaan sekolah, dimana seorang pustakawan kurang baik untuk
memberikan jasa pelayanan kepada pemustaka.



1.2   Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah
1.2.1       Bagaimanan memberikan pelayanan yang baik kepada pemustaka?






BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada pemustaka
Saya mengambil contoh tersebut karena sekitar dua tahun yang lalu  saya pernah mengalaminya. Waktu itu saya mendapatkan pelayanan yang kurang  baik di perpustakaan sekolah. Dimana pustakawan kurang peduli terhadap usernya dan tidak memberikan pelayan yang lebih dan memuaskan. Seperti halnya disaat user sedang ingin mencari buku yang dia butuhkan dalam waktu yang cepat. Tindakan seorang pustakawan itu hanya bisa untuk menyuruh usernya itu mencari buku itu sendiri di rak “pustakawan hanya memberitahukan dimana rak buku tersebut”. Menurut saya hal ini kurang efektif karena user memerlukan buku tersebut dalam waktu yang singkat. Sedangkan apabila user harus mencarinya sendiri maka akan cukup memakan waktu lama. Selanjutnya pustakawan diharapkan memilki sikap yang baik dalam memberikan pelayanan bagi user, sikap tersebut dapat meliputi :
1.       Pustakawan diharapkan mengedepankan kebutuhan usernya.
2.       Pustakawan harus bisa mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dengan usernya.
3.       Pustakawan harus bisa menunjukan bahwa user adalah spesial
4.       Melayani user dengan tidak melakukan aktifitas yang lain.
5.       Pustakawan  harus cepat melayani.
6.       Pustakawan juga harus bersikap ramah dan santun.
Dari penjelasan diatas pustakawan dituntut harus mempunyai sikap seperti itu terhadap user, karena pustakawan itu dituntut untuk harus bisa memberikan pelayanan yang sesuai atau yang di inginkan, sehingga user tersebut merasa puas dan nyaman dan juga agar perpustakaan itu tetap dijadikan sebagai sumber untuk memperoleh atau mencari informasi yang masyarakat butuhkan.






BAB III
PENUTUP


3.1   Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas maka sikap pustakawan itu harus bisa mengedepankan kebutuhan usernya dan juga pustakawan juga  harus bisa mempunyai kemampuan berkomunikasi agar user tersebut mendapatkan kepuasan terhadap pelayanan yang dberikan pustakawan itu.


3.2   Saran

Dari penjelasan di atas saya memberikan saran agar pustakawan itu harus bisa melayani usermya dengan baik agar user tersebut bisa mendapatkan kepuasan dan ilmu informasi yang dia inginkan, selaiin itu pustakawan juga harus lebih sabar, ramah, sopan terhadap user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar